Saturday, October 8, 2011

Jaminan Allah Buat Orang Ikhlas

Diposkan oleh Semoga bermanfaat 08:20 |  |3 komentar »

Iklas adalah sebuah kata yang indah yang gampang diucapkan, tetapi perlu keteguhan hati serta riyadoh yang terus menerus untuk dapat melaksanakannya. Iklas inilah yang memberikan warna, nilai, dan bobot bagi sebuah amal. Seperti di riwayatkan dalam Al-Quran surat Al-Maidah ayat 27 : Qabil dan Habil sama-sama mempersembahkan qurban, tapi haya qurban Habil yang diterima Allah karena Habil mempersembahkan qurbannya dengan di dasari ikhlas dalam hati.


Berikut ini fadhilah (keutamaan) ikhlas :
1. Amal kita diterima Allah
Rosulullah bersabda “Allah tidak akan menerima amalan, melainkan amalan itu ikhlas karena untuk mencari ridho Allah semata (HR : Ibnu Majah)

2. Tergolong Khoirul Bariyyah (Sebaik-baik makhluk)
Orang yang beribadah dengan ikhlas, mendirikan sholat serta menunaikan zakat dikategorikan sebagai orang yang beriman dan beramal sholeh.
“Sesunguhnya orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal sholeh, mereka itu adalah sebaik-baik makhluk” ( QS Al Bayyinah : 7)

3. Selamat dari godaan syaetan
Allah menjelaskan di dalam Al Quran surat Al Hijr :39-40 :
“Iblis berkata : Ya Tuhanku, oleh sebab Engkau telah memutuskan bahwa aku sesat pasti aku akan menjadikan mereka memandang baik (perbuatan ma’siat) di muka bumi dan pasti aku akan menyesatkan mereka semuanya, kecuali hamba-hamba Mu yang mukhlis di antara mereka.”

4. Memperoleh jaminan kemanan
Allah berfiman : “Orang-orang yang beriman dan tidak mencampuradukan iman mereka dengan kezaliman (syirik), mereka itulah orang-orang yang mendapat keamanan dan mereka adalah orang-orang yang mendapat petunjuk”(QA Al An’am:82)
Ayat ini merupakan dasar bahwa Allah menjamin para hamba Nya yang tulus ikhlas beribadah kepadaNya dan tidak mengotorinya denga syirik, mereka akan memperoleh jaminan keamanan, sekaligus akan mendapat hidayah.

5. Dikatogerikan sebagai orang-orang mukmin sejati
Allah berfirman : “Kecuali orang-orang yang taubat dan mengadakan perbaikan dan berpegang teguh pada (agama) Allah dan tulus ikhlas (mengerjakan) agama mereka karena Allah. Maka meraka itu adalah bersama-sama orang yang beriman dan kelak Allah akan memberikan kepada orang-orang yang beriman pahala yang besar.” (An Nisa:146)

6. Bisa Berjumpa Dengan Allah
“Katakanlah : sesungguhnya aku ini hanya seorang manusia seperti kamu, yang diwahyukan kepadaku : Bahwa sesungguhnya Tuhan kamu itu adalah Tuhan Yang Maha Esa , barang siapa mengharap pertemuan dengan Tuhannya maka hendaklah ia mengerjakan amal yang saleh dan janganlah ia mempersekutukan seorangpun dalam beribadat kepada Tuhannya” (Al Kahfi :110)

7. Diselamatkan dari neraka dan masuk sorga
“Dan kelak akan dijauhkan orang yang paling takwa dari nerakan itu, yang menafkahkan hartanya ( di jalam Allah) untuk membersihkannya, padahal tidak ada seorangpun memberkan suatu nikmat kepadanya yang harus dibalasnya, tetapi (dia memberikan itu semata-mata) karena mencari keridhoan Tuhannya Yang Maha Tinggi. Dan kelak dia akan benar-benar mendapat kepuasan (QS Al Lail : 17-21)

Amin

Leave a Reply

Kutipan Pikiran Orang Paling terkenal

 
 

Blog Archive

Blogger templates

About Me

My photo
My name is Syahrial I have been staying in Batam, Indonesia since 2003 for teaching. I work for Indonesian goverment. I was born in Solok Regency, in West Sumatra. That is a mountanious and has many beatifull landscape with Lake Singkarak there. That is the second larger lake in Sumatera Island after lake Toba in North Sumatera. I can spek in two languages, indonesian and English.